Viral! Status Gunung Agung Jadi Awas Malah Ada Orang Mendaki,siapa dia ?

175
0
SHARE

AMLAPURA – Kembali beredar video tentang aksi pendaki asal Rusia yang menerabas larangan mendaki Gunung Agung.

Dalam video yang telah beredar luas di media sosial ini, ditunjukkan kondisi dan situasi kawah Gunung Agung.

Terlihat dalam video yang mendadak viral tersebut memperlihatkan kondisi kawah Gunung Agung yang masih mengeluarkan asap pekat berwarna kelabu yang juga memunculkan sinar api.

Video yang berdurasi sekitar 2 menit tersebut diunggah kembali oleh akun instagram Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Kapusdatin) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

Melalui akun instagram sutopopurwo, ia menyebutkan Video kawah Gunung Agung yang diambil turis asal Rusia yang menerobos zona berbahaya Gunung Agung pada 28/12/2017 pagi.

Dalam keterangan lanjutannya, Sutopo mengingatkan aktivitas vulkanik Gunung Agung memang masih tinggi. Hembusan asap masih sering terjadi. Status Awas (level 4). Zona berbahaya adalah di dalam radius 8-10 km dari puncak kawah. Di luar zona tersebut aman dan normal.

Video ini banyak disebarluaskan di media sosial.

Bahkan Sutopo meminta kepada aparat perlu menindak orang-orang yang nekat menerobos zona berbahaya, apalagi sampai ke bibir kawah Gunung Agung.

Masyarakat dihimbau tidak masuk ke zona berbahaya. Jangan mengikuti ulah orang tersebut, dengan tujuan apapun. Sebab sangat berbahaya. Bukan hanya berbahaya kepada orang yang menerobos ke zona berbahaya. Tapi akan juga berbahaya bagi petugas SAR untuk evakuasi jika terjadi korban jiwa akibat erupsi di zona berbahaya tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, tiga warga negera asing (WNA) nekat mengendaki Gunung Agung, Kamis (28/12). Satu orang mendaki dari Pura Pasar Agung Sebudi, Desa Sebudi, Kecamatan Selat. Dua orang mendaki dari Pura Pasar Agung Sibetan, Kecamatan Bebandem.

Ketua Pasebaya, Gede Pawana, WNA yang mendaki lewat Sebudi bernama Evgenni Klepikov (36) asal Rusia. Sedangkan WNA yang naik dari Pura Pasar Agung hingga kini belum turun.”Ada dua kendaraan di Pura Pasar Agung Sibetan. Petugas pasebaya masih nunggu dilokasi,”kata Gede Pawana.

Untuk identitas dua wisatawan yang ngendaki Gunung Agunglewat Pura Pasar Agung Sibetan hingga kini belum diketahui. Diduga mereka mendaki tanpa guide. Mendaki seorang diri. Saat ini tim gabungan dari petugas keamanan menunggu WNA balik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here