Terungkap Pemilik Rumah Termahal di Dunia

80
0
SHARE

PARIS – Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman terungkap menjadi pembeli dari “rumah termahal di dunia”. Kabar itu kembali menempatkan MbS, julukan untuk Pangeran Mohammed bin Salman, dalam sorotan karena baru-baru ini dia juga disebut-sebut sebagai pembeli misterius yang telah menggelontorkan hampir setengah miliar dolar untuk membeli lukisan “Salvator Mundi” karya maestro Leonardo da Vinci.

Laporan New York Times mengidentifikasi MbS sebagai pemilik dari Chateau Louis XIV, rumah seluas 4.654 meter persegi yang terletak di Prancis. Surat kabar Amerika Serikat (AS) itu menyebut MbS membeli properti itu seharga USD300 juta (sekira Rp4 triliun) melalui beberapa perusahaan cangkang  (shell Company) pada 2015. Properti mewah itu menjadi salah satu simbol kekayaan MbS bersama dengan sebuah kapal layar bernilai USD500 juta.

Diwartakan RT, Senin (18/12/2017), klaim New York Times didasarkan pada informasi dari dokumen Paradise Papers yang bocor baru-baru ini. Dalam laporan itu disebutkan MbS menggunakan perusahaan cangkang di Luksemburg dan Prancis milik Eight Investment, perusahaan Saudi yang dijalankan oleh yayasan milik sang pangeran.

Laporan mengenai kepemilikan Chateau Louis XIV oleh MbS itu muncul di saat dia tengah memimpin kampanye penghematan dan pemberantasan korupsi  di Arab Saudi.

Selain New York Times, pada Juli lalu, laman investigasi Prancis, Mediapart juga melakukan penyelidikan serupa yang menunjukkan Pangeran MbS sebagai pemilik Chateau. Pejabat Arab Saudi menolak untuk berkomentar mengenai hasil kedua laporan tersebut.

Properti yang berada di Louveciennes, Prancis itu dilengkapi dengan air mancur, pendingin udara, hingga lampu-lampu yang dapat dikendalikan dengan iPhone. Bangunan itu juga memiliki gudang penyimpanan anggur di bawah tanah, bioskop, parit dengan ruang bawah air transparan.

Terdapat juga 10 kamar tidur mewah di dalam rumah, kolam renang di dalam dan di luar ruangan, lapangan squash, dua ballroom, dan klab malam. Berdasarkan laporan Majalah Fortune, saat terjual pada 2015, Chateau Louis XIV telah memecahkan rekor sebagai rumah termahal di dunia.

MbS baru-baru ini mendapat kritik setelah diduga membeli lukisan “Salvator Mundi” karya Leonardo da Vinci seharga USD450 juta dari sebuah pelelangan. Kritik terhadap MbS tidak hanya karena nilai fantastis lukisan tersebut, tetapi juga karena “Salvator Mundi” menggambarkan sosok Yesus atau Nabi Isa Alaihi Salam (AS) yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Kedutaan Arab Saudi di Washington, Amerika Serikat (AS) telah membantah laporan mengenai pembelian pembelian “Salvator Mundi” oleh MbS. Menurut keterangan dari kedubes, pembeli lukisan tersebut adalah Pangeran Bader bin Abdullah bin Mohammed bin Farhan al Saud yang bertindak sebagai perantara bagi Departemen Budaya dan Pariwisata Uni Emirat Arab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here