Viral, Video Bendera Indonesia Berkibar di Tanah Palestina

17
0
SHARE

Gaza – Meski terpisah oleh jarak, Palestina selalu ada di hati rakyat Indonesia. Di tengah-tengah problematika yang terjadi di tanah Yerusalem, rakyat Indonesia semakin gencar menyuarakan dukungan untuk kemerdekaan Palestina.

Tak hanya bagi masyarakat di Tanah Air, nama Indonesia pun tampaknya sudah begitu melekat di hati rakyat Palestina. Terbukti dari sebuah video unggahan yang seketika viral di media sosial.

Sebuah video yang diunggah oleh Abdulkadir Jailani melalui akun Twitter pribadinya, memperlihatkan seorang pria tengah mengibarkan bendera Indonesia dan Palestina yang diikat di sebuah tongkat.

Pria tersebut terekam tengah berada di atas sebuah bangunan dengan pemandangan lautan manusia.

“Bendera Indonesia dikibarkan dalam aksi rakyat Palestina di Gaza,” tulis @akjailani.

Tak dijelaskan secara pasti apa yang sedang dilakukan oleh masyarakat Palestina. Namun, dalam rekaman video tersebut terlihat kerumunan massa dan suara orasi yang disampaikan dari atas panggung.

Hingga berita ini dinaikkan, video tersebut sudah dibagikan lebih dari 1.100 kali. Kolom komentar juga dibanjiri oleh pengguna media sosial.

“Dari zaman dahulu, rakyat Palestina sudah dekat dengan Indonesia,” tulis @anna_burhan.

Insya Allah, kami warga Indonesia akan selalu mendoakan kedamaian untuk seluruh warga Palestina,” tulis @acenkrastbeery.

“Mengibarkan bendera negara orang di atas negeri sendiri adalah sebuah bentuk penghormatan yang sangat tinggi,” tulis @teguhpermata.

Ribuan Massa Aksi Bela Palestina Padati Monas

Aksi dukungan terhadap rakyat Palestina yang ditunjukkan oleh masyarakat Indonesia terjadi pada Minggu, 17 Desember 2017 di silang Monas Jakarta.

Pantauan menunjukkan keempat sisi jalan yang mengelilingi Silang Monas telah penuh dengan lautan massa aksi.

Massa dari berbagai daerah ini datang atas ajakan Majelis Ulama Indonesia (MUI). MUI memimpin aksi protes keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Selain Ketua Umum MUI Ma’ruf Amin, hadir juga Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin untuk menyampaikan orasi.

Tak hanya orang dewasa, aksi bela Palestina itu juga dipenuhi oleh anak-anak.

Pantauan kami, terlihat banyak anak-anak di bawah umur yang turut hadir dibawa oleh orangtuanya untuk ikut aksi Bela Palestina di Monas. Alasannya beragam, salah satunya untuk membiasakan anak sedari kecil mengikuti aksi seperti ini.

“Tidak, saya tidak takut sih dengan membawa anak ke aksi-aksi damai. Sudah biasa memang ikut aksi bersama anak seperti ini. Karena (anak) memang harus sudah terbiasa mengikuti ini (aksi) dari kecil ya,” ucap Zikrullah, salah seorang demonstran dari Hizbut Tahrir Purwakarta.

Alasan berbeda diungkapkan salah seorang ibu yang membawa anaknya pada aksi hari ini. Menurut dia, ini untuk menanamkan kepada anaknya bahwa kita harus membantu sesama saudara muslim.

“Memang sudah terbiasa dengan keluarga ikut aksi-aksi seperti ini. Jadi, tidak takut sih kalau bawa anak ke sini. Biar tertanam juga kan kepada anak, kalau kita harus membantu sesama muslim,” ucap Tarti, salah seorang peserta aksi dari Cengkareng.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here